Minggu, 09 Oktober 2011

Pemanfaatan Internet


Internet adalah jaringan informasi yang hanya dapat di akses melalui komputer. Ada komputer yang mengirim dan memasukkan data informasi, komputer yang lain bisa terhubung dengan jaringan informasi atau melalui saluran telepon atau radio untuk mengakses dan mencari berbagai data.
            Internet dapat digunakan untuk mengakses data sebanyak-banyaknya dalam satu sistem dan dapat di akses kembali dari komputer yang terhubung dimana saja dan kapan saja secara bersamaan.
            Jaringan internet yang telah mengglobal ini memungkinkan seseorang mengakses sumber informasi di seluruh dunia dengan mudah, termasuk informasi dalam bidang pendidikan. Adapun manfaat internet bagi pendidikan adalah dapat menjadi akses kepada sumber informasi yaitu sebagai perpustakaan on-line, sumber literatur, akses hasil-hasil penelitian, dan akses kepada materi-materi belajar , akses kepada narasumber bisa dilakukan tanpa harus bertemu secara fisik, dan sebagai media kerjasama internet bisa menjadi media untuk melakukan penelitian bersama atau membuat semacam makalah bersama.
            Para pelajar merupakan salah satu pihak yang paling diuntungkan dengan kemunculan internet, karena berbagai refrensi, jurnal, maupun hasil penelitian yang dipublikasikan melalui internet tersedia dalam jumlah yang berlimpah. Pelajar tak lagi harus kesulitan mencari buku-buku di perpustakaan sebagai bahan untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah . Cukup memanfaatkan search engine, materi-materi yang dibutuhkan dapat diperoleh dengan cepat. Selain menghemat tenaga dan biaya dalam mencarinya, materi-materi yang ditemui di internet cenderung lebih up to date.
Dengan memperhatikan segala kelebihan dalam memanfaatkan internet sebagai sumber belajar bagi kita tentunya internet diharapkan memiliki dampak yang positif bila dibandingkan dengan pemanfaatan sumber-sumber belajar konvensional lainnya, dalam kaitannya dengan prestasi belajar siswa yang menggunakannya, apalagi bila mempertimbangka fakta dalam penelitian dari Wilfrid Laurier University (1998), Canada yang menunjukkan bahwa mahasiswa yang menggunakan World Wide Web (www) dalam pembelajarannya terbukti dua kali lebih cepat waktu belajarnya dibanding mahasiswa klasikal, 80% mahasiswa tersebut berprestasi baik dan amat baik, serta 66% dari mereka tidak menggunakan bahan cetak (hard copy). Sehingga dengan mempertimbangkan fakta diatas, kita mungkin bisa mencontohnya, dengan memanfaatkan fasilitas internet yang telah difasilitasi oleh sekolah, dapat lebih memberdayakan internet lebih luas, tak hanya sebatas sebagai media hiburan, seperti friendster dan chatting, yang seperti selama ini kita lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar